Entri Populer

Minggu, 17 Oktober 2010

HIPNOTIS


Imaginatiton
Apakah hipnosis itu?
Berikut ini kami akan jelaskan secara singkat tentang apakah sebenarnya hipnotis itu:
Hipnosis berasal dari kata “hypnos” yang merupakan nama dewa tidur orang yunani. Namun perlu dipahami bahwa kondisi hipnosis tidaklah sama dengan tidur biasa. Orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara disekitarnya. Sedangkan orang dalam kondisi hipnosis, meskipun tubuhnya beristirahat (seperti tidur), ia masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya. Dengan kata lain jika orang dalam keadaan hipnosis maka orang tersebutu masih sangat sadar.
Ada pepatah kuno “tak kenal maka tak sayang”. Kalau kita kumpulkan 10 orang saja tetangga kita dan kita tanya, apakah itu hypnotis atau hypnosis, lalu bagaimana pandangan mereka masing2 tentang hypnosis, maka sudah pasti kita akan mendapatkan jawaban yang berbeda2.
Sebagian masyarakat kita masih “apriori” dengan hypnosis, karena dianggap semacam ilmu hitam, klenik, bahkan disamakan dengan gendam dan kejahatan2 yang menggunakan ilmu2 semacam itu, , maka logis apabila ada yang “menjauhi” hypnosis.
Dari kalangan agama, dengan penilaian yang “buru2″ hypnosis diminta agar “dijauhi” bahkan “dimusuhi”. Untuk mengembalikan potret dan citra hypnosis ke identitas asalnya.
Penggalian hypnosis secara ilmiah yang pertama oleh Franz Anton Mezmer (1734 – 1815), saat itu masih disebut sebagai magnetisme (metode penyembuhan dengan menjalankan lempengan logam ke tubuh pasien untuk melancarkan aliran universal).

1 komentar: